Satu Langkah Lagi, Pastikan Distribusi 920 Buku ke 149 Penilai Berjalan Lancar!

29 Mei 2024
Satu Langkah Lagi, Pastikan Distribusi 920 Buku ke 149 Penilai Berjalan Lancar!
Kepala Puslitbang LKKMO Moh. Isom (kanan) dalam kegiatan Sidang Verifikator Administrasi PBPA 2024 di Bogor (29/5/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Satu langkah lagi menuju penilaian, Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI menggelar sidang Verifikator Administrasi untuk mendistribusikan buku kepada penilai di Bogor, Rabu (29/5/2024).

 

Kepala Puslitbang LKKMO, Moh. Isom, memberikan arahan kepada seluruh Verifikator Administrasi untuk memastikan proses distribusi buku dilakukan dengan teliti dan sesuai dengan kompetensi masing-masing penilai.

 

“Kepada seluruh Verifikator Administrasi yang hadir hari ini, saya mengharapkan proses distribusi buku dilakukan dengan teliti agar tidak ada masalah yang timbul saat penilaian. Saya juga ingin menekankan pentingnya penyesuaian antara buku yang dinilai dengan keahlian dan latar belakang penilai, agar penilaian bisa dilakukan secara objektif dan profesional,” ujar Isom.

 

Poin kedua yang disampaikan Isom yaitu terkait pentingnya integritas, disiplin, dan tanggung jawab dalam proses penilaian. “Dalam menjalankan proses penilaian ini, pastikan para penilai bekerja dengan disiplin dan menunjukkan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang sudah ditugaskan, sehingga menghasilkan proses yang sesuai dan tidak menyalahi aturan.

 

Selain itu, Isom juga membahas pentingnya sistem yang transparan dan objektif dalam proses penilaian buku. “Kita juga perlu menerapkan sistem yang transparan dan objektif. Jadi, tidak boleh ada praktik-praktik transaksional atau kolusi antara penilai dan penerbit. Jika ditemukan adanya praktik semacam itu, pihak yang terlibat harus diberi sanksi tegas,” ujarnya.

 

Bahari selaku Ketua Tim PBPA (Penilaian Buku Pendidikan Agama) mengonfirmasi bahwa setiap tahun dilakukan evaluasi kinerja penilai. Penilai yang tidak bekerja dengan baik dan sesuai aturan tidak akan diberikan tugas serupa di tahun berikutnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa buku-buku pendidikan yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

 

Di akhir sambutan, Isom menegaskan dan mengingatkan kepada seluruh Tim PBPA untuk terus menunjukkan komitmen melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya melalui penilaian buku yang profesional dan objektif, serta semua pihak diharapkan bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik untuk mencapai tujuan ini.

 

Kegiatan selanjutnya adalah pendistribusian 920 buku yang sudah divalidasi kesesuaiannya ke 149 penilai oleh tim Verifikator Administrasi. (Rheka Humanis/bas/sri)

Penulis: Rheka. H
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI