Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668

Semester II, BDK Semarang Siap Selenggarakan 20 Kegiatan Diklat

Kamis, 4 September 2014
Kategori : Berita
55 kali dibaca

Jakarta (3 September 2014). Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang pada tahun anggaran 2014 mendapatkan pagu anggaran diklat sebesar Rp. 7.202.451.000,-.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebesar 2,6 miliar rupiah, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebesar 524 juta rupiah, dan penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Kependidikan sebesar 4 miliar rupiah.

Rencana kegiatan diklat yang diselenggarakan pada tahun anggaran 2014 adalah:

1. Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 25 angkatan, terdiri dari Diklatpim IV, Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, dan Diklat Tenaga Administrasi;

2. Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebanyak 5 angkatan, yang terdiri dari Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Tenaga Keagamaan dan Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Tenaga Keagamaan; dan

3. Rumpun Diklat Teknis Kependidikan sebanyak 43 angkatan, terdiri dari Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Guru dan Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidikan.

Total rencana diklat yang akan diselenggarakan pada tahun 2014 sebanyak 73 angkatan/kegiatan.

Pada semester I tahun 2014, BDK Semarang yang memiliki wilayah kerja pada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Propinsi Jawa Tengah dan Kanwil Kemenag Propinsi DIY telah melaksanakan sebagian besar kegiatan diklat. 48 kegiatan diklat yang telah dilaksanakan menghasilkan alumni diklat sebanyak 1.500 pegawai Kemenag.

Terbitnya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014 tentang Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang ditandatangani pada tanggal 19 Mei 2014, berdampak pada rencana pelaksanaan diklat di BDK Semarang. Diklapim IV yang semula direncanakan dilaksanakan pada tahun 2014 terpaksa ditiadakan karena adanya penghematan anggaran. Selain diklatpim IV, beberapa kegiatan diklat yang semula direncanakan juga terpaksa ditiadakan.

Pada semester II tahun 2014, sisa kegiatan diklat yang harus diselenggarakan oleh BDK Semarang sebanyak 20 kegiatan. Diklat yang dijadwalkan pada periode ini adalah:

1. Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (2 angkatan);

2. Diklat Tenaga Administrasi (2 angkatan);

3. Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Tenaga Keagamaan (2 angkatan);

4. Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Guru Pertama (11 angkatan); dan

5. Diklat Teknis Struktural Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidikan.

Ke-20 kegiatan diklat yang belum terselenggara tersebut direncanakan selesai pada bulan Oktober 2014.

 

(AGS/Chee/Viks)


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP