Titipkan Kerukunan Umat Kepada Gen Z, Balitbang Diklat Gelar Moderasi Beragama Goes To Campus Unpad

18 Des 2023
Titipkan Kerukunan Umat Kepada Gen Z, Balitbang Diklat Gelar Moderasi Beragama Goes To Campus Unpad
Moderasi Beragama Goes To Campus Universitas Padjadjaran, Senin (18/12/2023).

Bandung (Balitbang Diklat)---Moderasi Beragama Goes to Campus menyasar civitas academica, khususnya mahasiswa Gen Z. Sebab mereka yang akan menata hubungan umat beragama di masa depan.

 

Sekretaris Balitbang Diklat Prof. Arskal Salim GP menyampaikan hal tersebut saat memberikan arahan pada Moderasi Beragama Goes To Campus. Kegiatan diselenggarakan Balai Litbang Agama Jakarta di Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad).

 

“Kami menitipkan Moderasi Beragama kepada Gen Z karena kelak mereka yang akan berinteraksi dan berkomunikasi antara warga bangsa dengan latar belakang yang berbeda. Merekalah calon-calon pemimpin bangsa di masa depan,” ujar Arskal di Bandung, Senin (18/12/2023).

 

Menurut Arskal, para mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang bidang studi. Ini menjadi bekal ilmu pengetahuan untuk memimpin masyarakat lain menjaga, merawat, dan memelihara persatuan Indonesia.

 

“Antusiasme civitas academica Unpad menjadi gambaran optimisme  dalam menggelorakan Moderasi Beragama bagi masyarakat kampus, khususnya di Fakultas Ilmu Budaya Unpad,” katanya.

 

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa Unpad menampilkan seni budaya yang erat dengan sikap moderat. Nilai-nilai lokal dan luhur yang terpadu tidak hanya bercirikan agama tetapi bercirikan budaya lokal.

 

“Kami berharap nilai-nilai tersebut dapat terus terjaga, karena salah satu pilar Moderasi Beragama yaitu penghormatan dan penerimaan terhadap tradisi lokal,” ungkapnya.

 

Kepala Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) Samidi dalam laporannya mengatakan bahwa Moderasi Beragama Goes To Campus diinisiasi sebagai respons dari kebutuhan mendesak dari kebutuhan memperkuat program tersebut di kalangan Generasi Z. “Generasi ini sebagai agen perubahan terutama di tengah masyakarat yang mengalami perubahan nilai-nilai toleransi,” tandasnya.

 

Kegiatan dihadiri civitas academica dari jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Sosialisasi moderasi beragama disajikan dengan diskusi interaktif dan games seru dengan melibatkan seluruh peserta.

Diad/Bas

Penulis: Dewi Indah Ayu D
Sumber: -
Editor: Abas/Sri
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI