TOT Jaminan Produk Halal Sediakan Tenaga-Tenaga Kompeten

8 Des 2022
TOT Jaminan Produk Halal Sediakan Tenaga-Tenaga Kompeten

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bekerja sama dengan Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH serta Halal Institute menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Jaminan Produk Halal pada 6 s.d. 11 November 2022 di Kampus Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Ciputat.

Kepala Pusdiklat Teknis Mastuki saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa TOT Jaminan Produk Halal ini merupakan jawaban atas besarnya animo dan sekaligus kebutuhan yang besar terhadap penyelenggaraan Jaminan produk halal

"Untuk tahun 2022 ini kita setting khusus untuk TOT karena kebutuhan unit teknis dalam hal ini BPJPH. Sebelum TOT ini juga telah diselenggarakan beberapa kegiatan terkait dengan jaminan produk halal dan secara massif dilaksanakan pelatihan-pelatihan terkait di seluruh daerah,” ujarnya.

Mastuki mengatakan TOT ini diharapkan mampu menyediakan tenaga-tenaga yang mampu dan berkompeten.

“Mitra-mitra yang sudah berjalan selama ini, Perguruan Tinggi Keagamaan, kemudian ormas-ormas keagamaan, Kementerian/Lembaga dan ini yang akan menjadi sasaran lebih lanjut untuk penyelenggaraan jaminan produk halal. Oleh karena itu, secara khusus TOT ini dilakukan,” kata Mastuki.

Selain itu, Mastuki juga mengharapkan dari peserta pelatihan yang diundang, baik dari widyaiswara maupun perguruan tinggi, setelah ini mampu menjadi trainer-trainer yang dapat mengakselerasi jaminan produk halal.

"Saya mendengar tadi dari kawan-kawan BPJPH telah menggandeng 65 Perguruan Tinggi yang telah dilatih dan akan dilakukan uji kompetensi. Ini akan mendukung TOT menjadi bagian  tak terpisahkan dari penyiapan SDM yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk mengakselerasi jaminan produk halal di seluruh daerah,” imbuh Mastuki.

TOT ini diikuti 30 peserta terdiri dari Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis, Balai Diklat Keagamaan, Loka Diklat, Perguruan Tinggi, PPIH Kementerian Perindustrian, BPJPH, dan Halal Institute. (Umam/sri/bas)

   

 

Penulis: Umam
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI