Tutup HAB ke 73, Menag Minta ASN Kemenag Jaga Kesehatan dan Kewarasan

11 Jan 2019
Tutup HAB ke 73, Menag Minta ASN Kemenag Jaga Kesehatan dan Kewarasan

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menutup rangkaian Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 di lapangan Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat No-3-4 Jakarta Pusat, Jumat (11/01) pagi.

Rangkaian penutupan HAB ke 73 diawali penyerahan piala kepada para pememang berbagai perlombaan cabang olahraga, penyerahan sepeda motor kepada pramusaji sebagai penghargaan atas pengabdiannya selama 32 tahun, serta penghargaan kepada instansi mitra kerja Kementerian Agama.

Menag Lukman menyatakan, sejumlah perlombaan dan kegiatan penuh makna berhasil diselengarakan mulai dialog lintas iman dan kegiatan lainnya yang merupakan upaya bersama menjaga kerukunan dan kebersamaan umat. 

"Selaku Menag saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas kelancaran berbagai rangkaian kegiatan HAB ke 73," ujar Menag.

Dalam sambutan penutupan rangkaian HAB ke 73 Menag mengajak kepada segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kewarasan. 

"Sehat, segar dan waras tidak hanya fisik semata namun juga sehat pikiran dan jiwa. Ini pesan saya kepada seluruh keluarga besar Kemenag. Mari jaga kesehatan dan kewarasan. Sehat tidak hanya dalam bentuk fisik dan yang tak kalah penting adalah rasa dan pikiran. Agama hanya bisa ditebarkan dengan jiwa-jiwa yang sehat, pikiran dan rasa yang tidak diliputi berbagai macam penyakit hati," ujar Menag. 

Menag mengimbau kepada segenap ASN Kemenag untuk mengakhiri segala fitnah, caci maki, dan ujaran kebencian. Agama, tambah Menag, adalah ajaran kemanusian, kasih sayang, dan senantiasa menebarkan kedamaian. Agama tidak bisa ditebarkan dengan murka dan benci. Agama hanya bisa ditebarkan dengan kasih sayang dan kedamaian. 

"Menjaga kesehatan dan kewarasan fisik saja tidak cukup namun kita juga dituntut untuk menjaga kesehatan pikiran dan rasa. Mudah-mudahan ini menjadi refleksi dari peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 73 yang secara khusus mengusung tema Jaga Kebersamaan Umat. Dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa dan segala puja bagi Tuhan maka seluruh rangkaian HAB ke 73 ini secara resmi ditutup," kata Menag.

Usai penyerahan piala dan penghargaan rangkaian penutupan dilanjutkan dengan senam bersama keluarga besar Kemenag. Tampak hadir seluruh pejabat eselon I dan II, penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Trisna Willy Lukman Hakim, perwakilan dari BPKH dan instansi mitra kerja Kementerian Agama. 

Dalam kesempatan tersebut sejumlah intansi mitra kerja Kementerian Agama mendapat penghargaan yang diserahkan Menag Lukman Hakim. Mitra kerja tersebut diantaranya BNI Syariah, BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Danamon, BRI Syariah dan Bank BRI. []

 

Kemenag/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI