UIN RIL Siap Menjadi Motor Penggerak Moderasi Beragama

5 Jul 2023
UIN RIL Siap Menjadi Motor Penggerak Moderasi Beragama
Achmad Nidjam mewakili Pusdiklat Tenaga Administrasi pada kegiatan Training of Trainers dan Pelatihan Penggerak Angkatan I dan II Penguatan Moderasi Beragama di Lampung, Senin (3/7/2023).

Bandar Lampung (Balitbang Diklat)---UIN Raden Intan Lampung (UIN RIL) bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Training of Trainers dan Pelatihan  Penggerak Angkatan I dan II Penguatan Moderasi Beragama dari 3 sampai 8 Juli 2023  bertempat di Hotel Emersia Lampung.

“Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen UIN Raden Intan dalam penguatan moderasi beragama dengan harapan dapat menjadi motor penggerak yang tidak hanya untuk diri sendiri, tapi semakin menguatkan moderasi beragama di lingkungan sekitar,” ujar Wakil Rektor I, Prof Dr H Alamsyah MAg, saat membuka kegiatan tersebut, di Lampung, Senin (3/7/2023).

Oleh karena itu, menurut Alamsyah, hasil dari pelatihan ini harus dapat difungsikan agar mesin ini dapat bergerak, sehingga akhirnya seluruh ASN di Kementerian Agama dan masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung mendapat penguatan moderasi beragama.

Penguatan moderasi beragama di lingkungan Kementerian Agama, kata Alamsyah, adalah sebuah mandatori dan merupakan program prioritas Kementerian Agama. Karena itu, Alamsyah berpesan agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, fokus, dan serius.

Dalam laporannya, Achmad Nidjam mewakili Pusdiklat Tenaga Administrasi, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk kader-kader penggerak moderasi beragama yang mampu mendesiminasikan moderasi beragama, baik di tempat kerja maupun di lingkungan Kemenag dan tempat tinggal.

“ToT PMB akan mencetak para trainer  yang  siap menjadi fasilitator dalam program PMB, baik pelatihan Moderasi Beragama maupun sosialisasi di seluruh Kemenag,” ungkap Nidjam.

Sebelumnya, UIN RIL dan Pusdiklat Kemenag juga sudah melaksanakan ToT PMB Angkatan I pada akhir tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa UIN RIL berkomitmen dalam kebijakan program prioritas Kemenag RI.

Hadir sebagai narasumber Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Aziz Hakim MH, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kemenag RI, Lukman Hakim Saifuddin, Tim Pengajar dari Pokja Moderasi Beragama Pusat serta dari Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag.

Peserta ToT PMB Angkatan II ini berjumlah 30 orang dan Pelatihan Penggerak PMB Angkatan I dan II masing-masing 40 orang yang terdiri pimpinan, dosen, jabatan fungsional, pengurus moderasi, tenaga kependidikan dan lintas iman agama serta dari pihak luar UIN RIL. (RS/bas/sri)

   

 

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI