BDK Makassar Raih 2 Akreditasi Program dan 1 Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pelatihan dari LAN RI

30 Nov 2022
BDK Makassar Raih 2 Akreditasi Program dan 1 Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pelatihan dari LAN RI

Makassar (Balitbang Diklat)---Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada 2022 kembali melakukan akreditasi terhadap  Lembaga Pelatihan meliputi Lembaga Penyelenggara Pelatihan dan Akreditasi Program. Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar pada tahun ini meraih:

1 Akreditasi Program LATSAR CPNS dengan nilai 91.11 (A)

2 Akreditasi Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan nilai 86.78 (B)

3 Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pelatihan dengan nilai 82,887 (terakreditasi)

Penyerahan sertifikat diberikan secara langsung oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si., kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Juhrah, S.Sos., M.AP. Turut mendampingi Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Dr. Muhammad Taufiq, DEA. dan Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN RI, Erna Irawati, S.Sos., M.Pol.Adm.

Akreditasi ini merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai elemen. Tidak hanya lembaga pelatihan dengan LAN, melainkan juga dengan stakeholders lainnya.

Dalam sambutannya, pada acara “Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan Tahun 2022,” Kepala LAN menyampaikan bahwa lembaga pelatihan dituntut tidak hanya mampu menyelenggarakan pelatihan yang sama, melainkan juga mampu melakukan terobosan pelatihan-pelatihan baru yang lebih inovatif guna mendukung pemenuhan gap kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala LAN mendorong setiap lembaga pelatihan terutama yang telah terakreditasi untuk meng- create pelatihan-pelatihan baru. Untuk itu, “ke depan salah satu indikator penilaian dalam akreditasi akan dimasukkan unsur kreatifitas dan inovasi dari lembaga pelatihan untuk membuat pelatihan baru, terutama terkait kompetensi teknis,” ujarnya.

Kepala LAN berharap dengan akreditasi ini dapat membangun kepercayaan stakeholders untuk mengembangkan kompetensi pegawai di lembaga-lembaga pelatihan. Selain itu, akreditasi yang diberikan kepada lembaga pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk pengakuan dari LAN atas terpenuhinya standar yang seharusnya dimiliki oleh lembaga pelatihan ASN.

Pada kesempatan ini, Kepala BDK Makassar, Juhrah, mengatakan capaian ini akan memberikan semangat bagi penyelenggara pelatihan dalam memberikan pelayanan prima bagi para peserta serta memberikan nilai lebih bagi BDK Makassar dalam penyelenggaraan pelatihan. “Tentu saja, BDK Makassar berupaya menjadi center of excellence di lingkungan Lembaga Pelaihan (BDK) yang juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitasnya,” ungkapnya.  (Etti/sri/bas)

 

Penulis: Etti
Sumber: BDK Makassar
Editor: Sri Hendriani dan Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI