ASN Milenial Mengubah Wajah KUA Menjadi Teras Kementerian Agama

4 Nov 2022
ASN Milenial Mengubah Wajah KUA Menjadi Teras Kementerian Agama

Ciputat (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Syafi'i menjadi penguji Seminar Aktualisasi Latsar CPNS Golongan III Tahun 2022 Kementerian Agama Provinsi Papua dan Papua Barat yang diselenggarakan BDK Papua. Ujian berlangsung secara daring pada 4 November 2022.

Peserta sebagian besar adalah calon penyuluh dan penghulu, oleh karena itu laporan hasil aktualisasi CPNS yang diuji mayoritas memberikan inovasi pada layanan KUA di distrik-distrik yang tersebar di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Ironinya, banyak KUA di wilayah timur Indonesia yang masih jauh dari kata ideal. Ada KUA yang hanya memiliki dua pegawai, yaitu satu Kepala KUA dan satu staf. Hal ini membuat layanan yang diberikan kurang maksimal dan kurang menjangkau semua lapisan masyarakat.

Kapus Syafi’i mengatakan KUA adalah garda terdepan Kementerian Agama, maka dengan adanya inovasi tersebut diharapkan mampu mengubah wajah KUA yang dulu sering mendapat stigma negatif di masyarakat.

“Lewat aktualisasi inovasi layanan KUA, diharapkan masyarakat semakin mudah mengakses informasi terkait berbagai pelayanan di sana. Hal ini akan menjadikan KUA sebagai ‘Terasnya Kementerian Agama’ yang berwajah lebih baik,” ujar Kapus Syafi’i, Jumat (04/11/2022).

Lebih lanjut, Kapus Syafi’i mengatakan inovasi layanan ini sesuai dengan semangat employer branding ASN Kemenag dalam memberikan pelayanan prima kepada kepada masyarakat. “Slogan tersebut tergambar dalam kalimat Bangga Melayani Bangsa,” katanya.

Menutup arahan, Kapus Syafi’i berharap para peserta bisa menjadi ASN Milenial yang membawa perubahan di unit kerjanya masing-masing. “Semoga pada peserta dapat berjontribusi untuk Kementerian Agama dengan senantiasa berpegang pada core values ASN, yaitu BerAKHLAK,” tandasnya.[]

Mukhlis/diad

Penulis: Mukhlis Adm
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI